Sabtu, 01 Desember 2012

Sejarah Mesopotamia


Kebudayaan Sungai Eufrat dan Tigris / Peradaban Mesopotamia
  1. Geografis dan Sejarah Mesopotamia
 Peradaban Mesopotamia Kuno secara geografis terletak diantara dua Sungai besar yaitu Sungai Eufrat dan Tigris,dimana kedua sungai tersebut bermuara di Persia, dan wilayah ini sekarang lebih dikenal dengan nama Irak. Peradaban Mesopotamia diperkiarakan mulai abad 3500-2000 SM.Mesopotamia diambil dari kata Mesos yang berari tengah dan potamos berarti sungai. Kawasan ini merupakan kawasan yang subur yang membentang dari laut tengah sampai Teluk Persia.
Bangsa yang pertama kali mendiami wilayah ini ialah bangsa sumeria.Mereka berasal dari daerah sekitar Susa.Orang-orang Sumeria ini lebih banyak berdiam di kota-kota.Ibu kotanya bernama Ur,adalah menarik sekali kota-kota orang Sumeria ini menyerupai Mohenyo Daro Harappa di India.[1] Bangsa Sumeria datang dari gurun dan pegunungan di luar Mesopotamia. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Sumeria. Mereka telah mengenal bercocok tanam dan sudah memilki sistem pengairan. Banguan-bangunan mereka dibuat dari lumpur. Mereka menganut agama politheisme.
  1. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di bidang ekonomi
Di bidang ekonomi bangsa Sumeria bertumpu pada bidang pertanian mengingat kawasan ini merupakan kawasan yang subur lalu mereka juga melakukan perdagangan maupun industry,dan bertenak.Selain itu masyarakat mespotamia juga dikenal dengan masyarakat bisnis yang pragmatis. Dan masyarakat meopotamia juga sudah mengenal alat tukar yaitu logam mulia sepeti emas dan perak.
  1. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Sosial
Organisasi social masyarakat Mesopotamia terbagi dua golongan yaitu:
1.   Golongan Pemerintah à raja,kepala pendeta,pemimpin tentara dan bangsawan
2.  Rakyat
1)  Terdiri dari rakyat bebas,petani,artisan dan pedagang
2) Hamba daripada tawanan perang
Raja dalam sistem pemerintahan berperan sebagai
1.   Pemerintah dianggap sebagai Tuhan atau wakil Tuhan dan pemilik negara
2.  Berkuasa melantik pembesar terutama ahli keluarga dalam memegang jawatan di ziggurat
3.  Berkuasa dalam bidang ekonomi,pengutipan cukai tanah,hasil pertanian dan perniagaan.
  1. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Budaya
Orang-orang sumeria telah mengenal huruf paku. Huruf-huruf paku itu ditemukan pada prasasti yang berisi tentang hukum-hukum yang mengatur kerajaan.undang-undang itu disebut hamurabi.Mereka juga sudah membuat penanggalan waktu mereka bagi dalam jam,menit,detik.Lingkaran dibagi dalam 360 derajad.[2]
  1. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Kepercayaan
Bangsa Sumeria menyembah banyak sekali dewa seperti dewa Anu (Dewa langit),Dewa Enlil (Dewa Bumi) dewa Ea( Dewa Air) dan masih banyak lainnya.Ada sebuah kota yang menjadi pusat keagamaan yaitu kota Nippur
Peradaban Mesopotamia bukan berasal dari bangsa yang tunggal melainkan terdiri dari berbagai bangsa-bangsa:
1.   Bangsa Ubaid
Bangsa ini bermata pencaharian sebagai petani. Mereka menanam biji-bijian dengan memanfaatkan air sungai sebagai sarana irigasi pertanian.
2.  Bangsa Sumeria ( 3000 SM )
Bangsa ini berasal dari daerah sekitar susa.Orang –orang sumeria lebih banyak berdiam di kota-kota.Ibu kotanya bernama Ur,adalah menrik sekali kota-kota Mohenyo Daro Harappa di India.Bangunan-bangunan ini dibuat dari batu tanah liat yang dijemur. Kebudayaan  Bangsa ini lebih maju daripada bangsa ubaid. Bangsa ini memperbaharui sistim irigasi dan waduk-waduk agar ketika musim kemarau mereka tetap bisa melakukan pengairan untuk mengairi lading-ladang mereka.Pada awalanya daerah tersebut merupakan daerah rawa-rawa lalu daerah tersebut dikeringkan setelah dikeringkan baru mereka tinggal.
3.  Bangsa Akad (2350 SM)
Bangsa Akkadia ini juga termasuk rumpun semit dari padang pasirMereka bergerak di wilayah sebelah utara.Mula-mula mereka selalu kalah perangnya terhadap orang-orang Sumeria.[3]Memasuki tahun 2800 SM, Mesopotamia dikuasai oleh bangsa Akadia yang dipimpin raja Sargon. Bangsa Akkadia memilih Agade sebagai ibu kotanya.Dari segi kebudayaan bangsa Akadia meniru kebudayaan bangsa Sumeria yang sudah maju sehingga berkembanglah budaya baru yang disebut bagsa sumer Akkad berbahasa Semit.Bangsa ini memiliki banyak dewa dan dongeng-dongeng kepahlawanan misalnya cerita-cerita tenteng Etana dan Gilgamesh.
4.  Bangsa Babilonia ( 1900 SM)
Kata Babilonia berasal dari kata babilu yang berarti gebang menuju Tuhan. Babilon terletak 97 km di selatan Baghdad sekarang di tepi sungai eufrat ,Irak Selatan. Babilon menjadi pemerintahan (ibukota)Kemudian bangsa akkadia diserang oleh raja babilonia yang dipimpin oleh hamurabi.
Bagian atas memperlihatkan dewa Marduk sambil duduk sedang menyerahkan suatu gulungan kepada Raja Hammurabi.Gulungan itu adalah gulungan undang-undang tertulis untuk Banilonia, yang juga dapat dilihat oleh setiap orang karena dipahatkan pada bagian kedua gambar diatas,yaitu bagian tuku dibawah kedua tokoh tersebut.
Sudah barang tentu undang-undang itu dibuat oleh raja sendiri atau dengan bantuan para mentri-mentrinya atu pemnasehatnya.Cara mengumumkan seperti di atas dimaksudkan untuk memberikan kepada undang-undang itu kedudukan yang kuat dan keramat terhadap rakyat Babilonia ketika itu (2000 SM),yang dapat melihat pada tugu itu bahwa Dewa Marduklah yang menurunkan undang-undang jadi harus dipatuhi.
Pada masa pemimpinan Hamurabi ia memperbaiki penanggalan selain itu ia juga mengatur pajak dengan hati-hati dan tertib dan sumbangan yang paling besar ialah penyusunan undang-undang.Kehidupan perekonomian bangsa Babilonia ialah pertanian dan perdagangan.Kerajaan Babilonia didirikan leh bangsa Amorit yang disebut Babilonia.,perdagangan dan keagamaan.
Orang-orang babilon juga mempercayai banyak dewa tetapi Dewa marduk adalah dewa utama.Mereka mempunyai kebiasaan untuk meramalkan sesuatu dan mengambil keputusan dengan cara melihat hati seekor domba dan letak bintang-bintang[4] sesudah hamurabi meninggal kerajaan babilonia mengalami kemunduran dan kemudian diganti oleh bangsa Hitti.
5.  Assiria (3000 SM)
Kebudayaan bangsa Assiria diambil dari bangsa Sumeria.Mereka membangun kota-kota Assur dan Niniveh.Mula-mula kekuasaan bangsa Assiria ini kecil saja.Mereka terpaksa membayar upeti kepada penguasa-penguasa di babilon dan kemudian juga pada orang-orang hitti.Tetapi kira-kira tahun 1300 SM. Orang-orang Assiria ini menjadi kuat dan bebas merdeka.Mereka bahkan berhasil meluaskan daerah dan menyebrang Damsyik,Tarsus,Lonia,Babilon,Mesir dan Palestina.[5]Ibu kota bangsa Assiria ini di Damsyik.
Bangsa ini hidup sebagai pedagang,selain itu bangsa ini juga mempelajari astrologi yaitu kemahiran meramal nasib dan kejadian-kejadian di dunia dengan mempelajari tata letak bintang.Juga astronomi yaitu ilmu tentang bintang-bintang menjadi maju.Bangsa assiria mengambil huruf paku dari kebudayaan Sumeria akan tetapi mereka mengusahakan perbaikan-perbaikan dan bangsa Assiria lah yang mewariskan abjad kepada bangsa kemudian.
Bangsa Assiria dikenal dengan bangsa yang suka berperang pada tahun 61 SM kota Niniveh diserbu dan dibakar karena dikeroyok bangsa-bangsa kaldes,Media,Parsi dan Babilonia.
6.  Babilonia Baru
Setelah bangsa Assiria dikalahkan Mesopotamia dikuasai oleh bangsa Babilonia baru dengan rajanya yang terkenal yaitu Raja Nebukadnezar.Dan di masa ini adalah pembuangan orang-orang Yahudi di Babilon.Raja Nebukadnezar seorang raja yang gemar akan keindahan ia membangun Taman Gantung dan Menara Babel. Ilmu perbintangan pun dipelajari selain itu dalam hal perdagangan bangsa babilon juga maju.Setelah peninggalan Raja Nebukadnezar Mesopotamia dikuasai oleh bangsa Parsi.




[1]  Sutrisno kutoyo dan Sutiyoso.Sejarah Dunia SMA.(Jakarta:Wijaya,1967)hlm 24
[2] Sutrisno kutoyo dan Sutiyoso.Sejarah Dunia SMA.(Jakarta:Wijaya,1967)hlm 24
[3] Sutrisno kutoyo dan Sutiyoso.Sejarah Dunia SMA.(Jakarta:Wijaya,1967)hlm 24
[4] Sutrisno kutoyo dan Sutiyoso.Sejarah Dunia SMA.(Jakarta:Wijaya,1967)hlm  25
[5] Sutrisno kutoyo dan Sutiyoso.Sejarah Dunia SMA.(Jakarta:Wijaya,1967)hlm  25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar